Omtob Menang Dalam Sidang Sengketa Pilkada Kab.Mimika di MK

INDONESIASATU.CO.ID:

Jakarta - Setelah hampir 2 bulan menjalani persidangan akhirnya Mahkamah Konstitusi (MK) pada senin (17/9)sore mengadakan sidang akhir putusan sengketa Pilkada Mimika.

Untuk diketahui pada Pilkada Mimika yang digelar pada 21 Juni lalu diikuti tujuh pasangan calon, yaitu Petrus Yanwarin-Alpius Edoway, Robertus Waropea-Albert Bolang, Wilhelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra, Hans Magal-Abdul Muis, Maria Florida Kotorok-Yustus Way, Eltinus Omaleng-Johannes Rettob dan Philipus B Wakerkwa-H Basri.

Rapat pleno penetapan perolehan suara pada 29 Juni hingga 30 Juni yang digelar KPU Mimika di Graha Eme Meme Yauware menetapkan, pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettob (Omtob) unggul dengan memperoleh 60.513 suara diikuti pasangan Hans Magal-Abdul Muis dan Wilhelmus Pigai- Allo Rafra. Pasangan Omtob ini satu-satunya pasangan calon yang diusung dari partai politik. Elitinus Omaleng sendiri merupakan bupati petahana.

Sedangkan 6 pasangan calon lainnya maju melalui jalur independen. Pasca-pleno tersebut, 5 pasangan calon yaitu Petrus Yanwarin-Alpius Edoway, Robertus Waropea-Albert Bolang, Wilhelmus Pigai-Athanasius Allo Rafra, Hans Magal-Abdul Muis, dan Philipus B Wakerkwa-H Basri kemudian menggugat KPU setempat di MK.

Ketua tim pemenangan pasangan yang juga pengurus Partai Golkar Kabupaten Mimika Rizal Patadan mengatakan terima kasih kepada seluruh masyarakat Mimika yang sudah mendukung Omtob memenangkan pertarungan pilkada Mimika periode 2018-2023 , terlebih kepada tim yang sudah bekerja kompak bersama-sama berjuang sehingga pada hari ini kita sudah melihat hasilnya sesuai dengan keputusan MK yang sudah menolak semua gugatan dari pemohon, ujar Rizal yang temui usai sidang berakhri di gedung MK, Jakarta.

Ini pesta demokrasi jadi kita ini saudara semuanya kita harus bersama-sama membangun kab.Mimika yang kita cintai karena Mimika adalah rumah kita bersama, tuturnya. Mimika adalah miniatur Indonesia karena seluruh suku dari sabang sampai marauke semua ada disana dan marilah semua kita membangun bersama Mimika, ungkap Rizal.(RK)

  • Whatsapp

Index Berita